Ngaben Masal Desa Tangguwisia

01 Juli 2019 10:26:11 WITA

Ngaben merupakan salah satu upacara yang dilakukan oleh Umat Hindu di Bali yang tergolong upacara Pitra Yadnya (upacara yang ditunjukkan kepada Leluhur). Khususnya di Desa Tangguwisia telah melaksanakan Upacara Ngaben Masal. Dimana upacara ngaben masal ini melibatkan banyak dadya di Desa Tangguwisia. Dengan total 62 Sawe. Ngaben Masal ini tentunya tak lepas dari Program Adat Desa Tangguwisia dengan Kelian Desa Pakraman yaitu Bapak Putu Ngurah Kariasa.

Upacara Ngaben Masal ini telah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Upacara ini dilaksanakan mulai pada tanggal 7 Juni 2019 sampai dengan tanggal 28 Juni 2019. Pada tanggal 7 Juni 2019 rangkaian upacara dimulai dengan kegiatan Nanceb, dimana lokasi nya bertempat di wantilan Desa Tangguwisia yang dilaksanakan atau dipuput oleh Ratu Peranda Kemenuh (Grya Cempaka),Mangku Dadya, Mangku Kahyangan Tiga,Manggala Panita, dan juga Pemilet atau Pengarep Sawe. Dilanjutkan pada tanggal 15 Juni 2019 pada jam 07.30 Wita dilaksanakan upacara Negem Dewasa dan pada jam 14.00 Wita dilanjutkan dengan upacara Mejauman dipuput oleh Ratu Peranda Gede Putra Sandi, bertempat di Areal Wantilan Desa Tangguwisia, Pura Kahyangan Tiga, dan Pura Subak. Runtutan acara dilanjutkan pada tanggal 19 Juni 2019 dari jam 07.30 Wita dilaksanakan Upacara Mungkah, jam 09.30 Wita dilanjukatan dengan Upacara Meseh Lawang, kemudian pada jam 14.00 Wita Upacara Pebersihan, dan pada Jam 19.30 Wita Upacara Pangubaktian yang dilaksanakan di Pura Dalem/Prajepati dan Genah Sawe dipuput oleh Ratu Peranda Kemenuh (Grya Cempaka). Rangkaiana upacara berlanjut pada tanggal 20 Juni 2019 pada jam 08.00 Wita di Pura Dalem/Prajepati dengan rangkaian Upacara Pengeneng. Pada tanggal 21 Juni 2019 dari jam 07.30 Wita sampai dengan jam 19.30 Wita dilaksanakan Upacara Manah Tirta, Ngalap don Bingin, Pedeengan, dan Pangubaktian di puput oleh Ratu Peranda Ananda Giri. Dilanjutkan pada tanggal 22 Juni 2019 pada jam 10.00 Wita dilaksanakan Upacara Pengesengan / Pebasmian, Nganyut, dan Nyekah dilaksanakan di Setra Tangguwisia, Segara Tangguwisia, dan Genah Sawe dipuput oleh Ratu Peranda Ananda Giri. Dilanjutkan pada tanggal 23 Juni 2019 jam 07.00 Wita Upacara Nyegara Gunung di Pura Pulaki dipuput oleh Ratu Peranda Gede Putra Sandi. Pada tanggal 25 Juni 2019 dilanjutkan dengan Upacara Meajar-ajar ke Pura Penulisan, Pura Batur, Pura Penataran Agung Besakih, Pura Pedharman, Pura Lempuyang Luhur, dan Pura Goa Lawah dan Upacara Ngingkup. Penutup pada tanggal 28 Juni 2019 pada jam 07.30 Wita Upacara Mecaru dan Mukak taring di Genah Sawe yang dipuput oleh Ratu Peranda Kemenuh (Grya Cempaka).

Upacara Ngaben Masal berlangsung dengan lancar dari hari pertama hingga akhir acara. Tentu saja upacara ini sangat membatu dan bermanfaat bagi masyarakan Desa Tangguwisia.

Pada Saat rangkaian upacara Ngaben Masal situasi kantor Desa Tangguwisia tidak efektiv dikarenakan genah sawe tepat di depan kantor Desa Tangguwisia atau di wantilan Desa Tangguwisia. Namun, pada hari ini 1 Juli 2019 suasana dan pelayan di Kantor Desa Tangguwisia sudah mulai kondusif.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tangguwisia

tampilkan dalam peta lebih besar