Sejarah Desa

31 Januari 2017 19:18:39 WITA

Orang yang pertama datang kedaerah sebelah barat sungai Mendaum adalah seorang brahmana dari Griya Banjar yang bernama Ida Bagus Made Kajeng pada Tahun Caka 1451 ( Abad ke 15 ), yang diiringi oleh beberapa sisia. Tanah sebelah barat Sungai Mendaum pada waktu itu berupa Hutan yang ditumbuhi kayu ketapang dan duri belatung.

Perlu diketahui bahwa tanah yang ada pada waktu itu bersipat angker ( baya, namun rombongan itu berhasil membuka sebuah areal pertama yang subur. Lama kelamaan banyaklah Penduduk yang datang, ada yanng berasal dari Air Panas, dari dure Desa, dengan demikian terbentuklah sebuah Desa Kecil yang diberi nama Tangga Baya ( daerah angker = berbahaya ( baya )

Setelah berjalan beberapa tahun, Desa Tanggu Baya semakin banyak didatangi oleh Penduduk dan menetap dengan rukun ditempat ini. Karena itu dibangunlah mula mula sebuah tempat ibadah yaitu Merajan Gede yaitu Penyungsungan pusat Brahmana kemudian Merajan Gede itu dikenal dengan Pura Munduk. Melihat situasi yang demikian pada Desa Tanggu Baye, maka ada sesuatu perintah ( Bebawos ) dari Geriya Banjar bahwa semua daerah sebelah barat sungai Mendaum diserahkan ke Pengastulan yang pada saat itu dikendalikan oleh tokoh – tokoh sisie Jro Pengastulan. Melihat keadaan desa semakin rukun, aman, damai dan penduduk bertambah banyak, maka sisie Jro Pengastulan mengusulkan kegeriye Banjar agar ada sulinggih didesa Tanggu Baye. Permohonan sisie itu dikabulkan lalu dari Gerya Banjar dikirim seorang sulinggih yang diiringi sisie lengkap. Mulai saat itu, disusulah suatu pemerintahan desa ( Perbekelan ) atas hasil musyawarah desa itu dengan memberikan ( Mepaice ) Pura Munduk kepada para sisie sebagai Pura Desa kemudian para sisie semua selanjutnya membangun pura Dalem bersama – sama secara bergotong royong.

Karena Pemerintahan sudah tersusun baik, tertib, rukun dan aman, maka Desa Tanggubaya sesuai dengan hasil musyawarah diganti menjadi Desa Tangguwisia ( berasal dari banyak sisie = panjak = Wisia ).

Berikut ini nama – nama yang pernah menjabat menjadi Perbekel Desa Tangguwisia yaitu :

  1. Ida Ketut Bukit
  2. Ida Ketut Tilem
  3. Ida Nyoman Bagus
  4. Ida Kade Suandi
  5. Ida Kade Swala
  6. Ida Putu Ruma
  7. I Made Dauh
  8. I Made Gerya Tengger
  9. Gede Komyang ( PJS )
  10. I Made Sara
  11. I Made Intaran
  12. Putu Lanang Suteja
  13. I Made Bawa Saputra
  14. I Nyoman Turki ( PJS )
  15. Ida Kade Suta
  16. Ngurah Mahardi ( PJS )
  17. Ida Komang Darmika
  18. Putu Ngurah Budi Utama
  19. Ida Bagus Ketut sudiksa ( PJ )
  20. Putu Ngurah Budi Utama

Demikian secara singkat sejarah Desa Tangguwisia

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tangguwisia

tampilkan dalam peta lebih besar